Powered By Blogger

Pengikut

Minggu, 20 Desember 2009

Skripsi Teknik Industri: ANALISIS DAN PERANCANGAN POSTUR UNLOADER DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE WinOWAS

Gita Andry Davidson, Universitas Widyatama, 2008

ABSTRAKSI

Aktivitas unloading merupakan proses pemindahan/pembongkaran barang/material dari alat angkutan pengiriman ke area penerimaan barang/material. Unloading manual merupakan aktivitas unloading dimana unloader melakukan pembongkaran barang yang dilakukan secara manual, dengan memindahkan barang secara langsung dengan menggunakan kedua tangan.
Analisis postur merupakan aktivitas menganalisis posisi postur tubuh unloader ketika melakukan aktivitas unloading manual dengan kondisi yang aman serta nyaman. Analisis postur dilakukan dengan menggunakan software WinOWAS. Metode yang digunakan adalah metode OWAS. OWAS (The Ovako Working Posture Analysis System) merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi suatu beban unloader selama aktivitas unloading berlangsung.
Di dalam analisis dibahas mengenai posisi postur unloader saat ini dibandingkan dengan hasil rancangan rekomendasi perbaikan. Dilakukan perancangan ulang terhadap posisi postur unloader apabila terdapat tanda peringatan yang ditampilkan dalam bentuk garis pada diagram batang didalam software WinOWAS (pada Recomendation for Action). Category 1 (warna putih) menunjukkan posisi postur unloader dapat diterima, category 2 (warna hijau) menunjukkan posisi postur unloader masih dapat diterima, category 3 (warna biru) menunjukkan posisi postur unloader harus dilakukan perancangan ulang, category 4 (warna merah) menunjukkan posisi postur unloader harus dilakukan perancangan ulang saat ini juga.



Kata Kunci: Unloading manual, Unloader, Software WinOWAS, Metode OWAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar