Powered By Blogger

Pengikut

Jumat, 18 Desember 2009

Skripsi Manajemen: PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN

David Okta Kelana, Universitas Widyatama, 2007
ABSTRAK
PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN
(Survei pada Beberapa Perusahaan pada sektor Industri Barang Konsumsi)

Dengan semakin berkembangnya dunia usaha dewasa ini, maka persaingan antar perusahaan, khususnya antar perusahaan yang sejenis akan semakin ketat. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan perusahaan adalah aspek pengaturan keuangan yang tertuang di dalam pengelolaan modal kerja. Pengelolaan modal kerja ini berkaitan erat dengan kelancaran kegiatan perusahaan dan salah satunya dapat ditunjukkan dari perputarannya. Bila modal kerja dikelola secara tepat akan memungkinkan perusahaan beropesai secara ekonomis sehingga diharapkan perusahaan dapat mencapai perputaran modal kerja yang tinggi dan laba yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat.pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan. Objek penelitian ini adalah neraca dan laporan keuangan pada tiga perusahaan pada sektor industri barang konsumsi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistik dan membuat deskriptif secara sistematis mengenai fakta-fakta dan hubungan antar fenomena yang diselidiki. Variabel yang diteliti adalah modal kerja sebagai variabel bebas dan profitabilitas sebagai variabel tidak bebas/terikat.
Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan digunakan analisis statistik yang terdiri dari : analisis regresi, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik, yaitu uji parameter r.
Melalui perhitungan koefisien determinasi, perputaran modal kerja (variabel X) mempunyai pengaruh sebesar 0,572 atau sebesar 57,2% terhadap Return On Assets (variabel Y), sedangkan sisanya sebesar 42,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Misalnya adanya perubahan kondisi perekonomian makro seperti merosotnya nilai tukar rupiah, situasi global mengenai fluktuasi harga komoditas barang, dan juga perkembangan politik nasional.
Dari uji parameter r, memperlihatkan bahwa H0 diterima, yaitu tidak ada hubungan antara modal kerja dengan profitabilitas.
Disarankan agar perusahaan selalu menjaga jumlah modal kerjanya, salah satu caranya ialah dengan mengefektifkan pengeluaran beban-beban perusahaan, sehingga dapat mengoptimalkan perolehan laba perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar