Powered By Blogger

Pengikut

Jumat, 18 Desember 2009

Skripsi Manajemen: PENGARUH PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLIT)TERHADAP BID-ASK SPREAD HARGA SAHAM

Nadia Amelina, Universitas Widyatama, 2009

ABSTRAK
PENGARUH PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLIT)TERHADAP BID-ASK SPREAD HARGA SAHAM
(Studi Kasus Pada Perusahaan yang Listing di BEI Periode 2006-2007)

Pemecahan saham atau stock split merupakan salah satu corporate action yang dilakukan oleh perusahaan publik (emiten) dalam usahanya untuk memaksimalkan nilai perusahaan dan memaksimalkan tingkat keuntungan dari pemegang sahamnya (investor). Pemecahan saham juga merupakan suatu cara yang dilakukan oleh emiten untuk mempertahankan harga sahamnya agar tetap berada dalam rentang perdagangan yang optimal, sehingga daya beli investor meningkat terutama untuk investor kecil. Semakin aktif suatu saham diperdagangkan akan menurunkan biaya kepemilikan saham, sehingga akan menurunkan bid-ask spread saham.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian, yang kemudian hasilnya dituangkan dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Pemecahan Saham (Stock Split) Terhadap Bid-Ask Spread Harga Saham (studi kasus pada perusahaan yang listing di BEI periode 2006-2007) ”. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis perkembangan harga saham dan perkembangan spread harga baik sebelum dan sesudah stock split serta pengaruh pemecahan saham melalui volume perdagangan terhadap bid-ask spread pada perusahaan yang listing di BEI.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Metode deskriptif bertujuan untuk melakukan pengujian gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan. Metode kuantitatif yaitu melakukan analisis menggunakan model-model. Sedangkan pendekatan survei berguna untuk membedah dan mengenal masalah-masalah serta mendapatkan pembenaran terhadap keadaan yang sedang berlangsung. Alat statistik yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data yang diteliti adalah analisis regresi, korelasi dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk pengujian secara parsial, dengan menggunakan program SPSS 12.0.
Berdasarkan analisis korelasi terdapat hubungan yang cukup kuat antara stock split melalui volume perdagangan dengan bid-ask spread. Dan berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa volume perdagangan berpengaruh secara signifikan terhadap bid-ask spread saham.

1 komentar:

miss dazzle mengatakan...

selamat pagi, mau tanya2 ttg bid ask spread boleh ? thanks before :)

Posting Komentar