Powered By Blogger

Pengikut

Jumat, 18 Desember 2009

Skripsi Manajemen: EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN

Rimba Tenri Brata, Universitas Widyatama, 2009

ABSTRAK
EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN

Proses komunikasi sering kali dianggap sebagai akar semua persoalan–persoalan yang timbul di dunia. Komunikasi merupakan alat atau sarana yang memungkinkan terlaksananya setiap tujuan, dilakukan dari pimpinan kepada karyawan atau dari karyawan kepada pimpinan (komunikasi vertikal), juga kepada sesama karyawan (komunikasi horizontal) dalam rangka menyampaikan pesan yang perlu diketahui secara lisan maupun tulisan dapat berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk menge tahui proses komunikasi pada Apotek Wira Prima, mengetahui prestasi kerja karyawan pada Apotek Wira Prima, dan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan komunikasi dengan prestasi kerja karyawan pada Apotek Wira Prima.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.
Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan komunikasi dengan prestasi kerja karyawan, maka dilakukan uji statistik dengan menggunakan korelasi Rank Spearman dan diperoleh nilai sebesar 0,5177 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara komunikasi dengan prestasi kerja karyawan.
Sedangkan hasil koefisien determinasi (kd) sebesar 26,80% menunjukkan bahwa komunikasi memberikan pengaruh terhadap prestasi kerja kary awan, sedangkan variabel lain yang berpengaruh terhadap prestasi kerja sebesar 73,20% yang tidak diteliti oleh penulis.
Berdasarkan uji signifikansi didapat t hitung > t tabel (3,2019 > 1,701) maka terbukti bahwa komunikasi mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi kerja karyawan.
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang penulis kemukakan : “Bilamana komunikasi efektif, maka prestasi kerja karyawan dapat meningkat”, dapat diterima karena terdukung oleh fakta – fakta di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar