Powered By Blogger

Pengikut

Sabtu, 02 Januari 2010

Skripsi Manajemen: Pengaruh Kemasan Produk terhadap Citra Merek pada Produk The Body Shop

ABSTRAK

Rizal Mokhamad Mukhlis, Universitas Padjadjaran, 2008

Kemasan merupakan elemen yang menjadi kesatuan dari sebuah produk, kehadiranya takan pernah dapat terpisahkan dari produk itu sendiri. Kini perusahaan tak hanya memerhatikan fungsi dasar kemasan yaitu melindungi produk yang dikemas dari kerusakan. Fungsi kemasan sebagai media komunikasi semakin diperhatikan oleh perusahaan, selain mengin formasikan tentang produk yang dikemas peranan kemasan sebagai media komunikasi juga berkontribusi pada usaha penyampaian nilai dan prinsip perusahaan yang diharapkan menjadi citra merek yang diyakini konsumen. Selanjutnya diharapkkan citra merek tersebut menjadi diferensiasi bagi perusahaan dalam persaingan usaha.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemasan produk, khususnya dalam penelitian ini adalah kemasan belanja The Body Shop terhadap citra merek The Body Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas kemasan dan variabel terikat citra merek. Pengumpulan data primer diperoleh dari kuesioner pada pengunjung counter The Body Shop cabang Parisj Van Java sebagai responden yang dipilih sebagai unit penelitian. Responden diminta untuk memberi tanggapan melalui kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang meminta tanggapan mengenai kemasan belanaja The Body Shop dan beberapa pertanyaan yang meminta tanggapan mengenai citra merek The Body Shop. Kuesioner terdiri atas pertanyaan tertutup dengan skala Likert, selanjutnya hasil dari pertanyaan – pertanyaan yang dijawab responden ditransformasikan ke skala interval dengan menggunakan Method of Succesive Interval. Untuk menguji apakah terdapat pengaruh antarlakukan a kemasan dan citra merek, dilakukan uji korelasi Pearson dan analisis regresi sederhana.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa kemasan produk The Body Shop memberi pengaruh yang relatif kecil pada citra merek The Body shop yaitu sebesar 14,1 % dan 85,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar