Powered By Blogger

Pengikut

Minggu, 20 Desember 2009

Skripsi Manajemen: PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Aggy Restu Pribadi, Universitas widyatama, 2009

ABSTRAK
Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian konsumen surat kabar Pikiran Rakyat

Keberadaan suatu merek telah dianggap penting karena merek dapat mencerminkan identitas dari suatu produk dan juga memberikan dampak tertentu kepada citra yang ditimbulkannya. Karenanya setiap perusahaan akan selalu berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menjaga dan mempertahankan keunggulan dari brand image produk mereka. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian konsumen surat kabar Pikiran Rakyat”
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden, serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder.
Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana tanggapan konsumenterhadap brand image pada PT. Pikiran Rakyat, mengetahui proses keputusan pembelian konsumen terhadap surat kabar Pikiran Rakyat dan mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen dalam menentukan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat.
Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan konsumen terhadap brand image pada PT. Pikiran Rakyat berdasarkan hasil analisis pernyataan responden secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 4,02 yang dikategorikan baik. Sedangkan tingkat keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen surat kabar Pikiran Rakyat secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 4,00 yang dikategorikan baik, ini menunjukkan secara keseluruhan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat sudah baik, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pada berita yang disampaikan Pikiran Rakyat sesuai dengan selera masyarakat dan kemudahan memperoleh surat kabar Pikiran Rakyat, karena memiliki nilai terendah 3,96.
Hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,650 yang menunjukan bahwa antara brand image PT. Pikiran Rakyat (variabel X) dan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat (variabel Y) memiliki hubungan yang tinggi, karena berada pada interval 0,60-0,799. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 42,25% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini sebesar 57,75%. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 5,925 dan ttabel sebesar 1,6788. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, yang berarti terdapat hubungan yang positif antara brand image PT. Pikiran Rakyat dengan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan, yaitu “Bahwa brand Image PT Pikiran Rakyat mempunyai hubungan positif dengan keputusan pembelian konsumen” dapat diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar