Aggy Restu Pribadi, Universitas widyatama, 2009
ABSTRAK
Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian konsumen surat kabar Pikiran Rakyat
Keberadaan suatu merek telah dianggap penting karena merek dapat mencerminkan identitas dari suatu produk dan juga memberikan dampak tertentu kepada citra yang ditimbulkannya. Karenanya setiap perusahaan akan selalu berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menjaga dan mempertahankan keunggulan dari brand image produk mereka. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap keputusan pembelian konsumen surat kabar Pikiran Rakyat”
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden, serta penelitian kepustakaan guna memperoleh data sekunder.
Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana tanggapan konsumenterhadap brand image pada PT. Pikiran Rakyat, mengetahui proses keputusan pembelian konsumen terhadap surat kabar Pikiran Rakyat dan mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen dalam menentukan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat.
Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan konsumen terhadap brand image pada PT. Pikiran Rakyat berdasarkan hasil analisis pernyataan responden secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 4,02 yang dikategorikan baik. Sedangkan tingkat keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen surat kabar Pikiran Rakyat secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 4,00 yang dikategorikan baik, ini menunjukkan secara keseluruhan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat sudah baik, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain pada berita yang disampaikan Pikiran Rakyat sesuai dengan selera masyarakat dan kemudahan memperoleh surat kabar Pikiran Rakyat, karena memiliki nilai terendah 3,96.
Hasil pengujian koefisien korelasi rank spearman diperoleh nilai sebesar 0,650 yang menunjukan bahwa antara brand image PT. Pikiran Rakyat (variabel X) dan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat (variabel Y) memiliki hubungan yang tinggi, karena berada pada interval 0,60-0,799. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 42,25% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini sebesar 57,75%. Berdasarkan analisis uji hipotesis, didapat thitung sebesar 5,925 dan ttabel sebesar 1,6788. Ini menunjukan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel, yang berarti terdapat hubungan yang positif antara brand image PT. Pikiran Rakyat dengan keputusan pembelian surat kabar Pikiran Rakyat. Dengan demikian hipotesis yang diajukan, yaitu “Bahwa brand Image PT Pikiran Rakyat mempunyai hubungan positif dengan keputusan pembelian konsumen” dapat diterima.
skip to main |
skip to sidebar
Minggu, 20 Desember 2009
Labels
Blog Archive
-
▼
2009
(19)
-
▼
Desember
(19)
- Skripsi Teknik Industri: ANALISIS DAN PERANCANGAN ...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MER...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERH...
- Skripsi Manajemen: EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG, PE...
- Skripsi Manajemen: ANALISIS PORTOFOLIO OPTIMAL (ST...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH PEMECAHAN SAHAM (STOCK...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH INVESTASI PADA AKTIVA ...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP P...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFIT...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH EARNING PER SHARE DAN ...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO D...
- Manajemen Strategis: Ringkasan Bahan Kuliah
- Metose Riset Untuk Bisnis dan Manajemen: Ringkasan...
- Skripsi Manajemen: PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL DAN...
- EKONOMI MANAJERIAL: Proses Pengambilan Keputusan
- EKONOMI MANAJERIAL: MONOPOLI PT PLN
- EKONOMI MANAJERIAL: ESTIMASI FUNGSI PERMINTAAN: PR...
- BUSINESS ANALYSIS USING FINANCIAL STATEMENTS: Prof...
-
▼
Desember
(19)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar