Powered By Blogger

Pengikut

Jumat, 18 Desember 2009

Skripsi Manajemen: PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR PROPERTI PERIODE 2002-2006

Aryana Widiartha, Universitas Widyatama, 2007
ABSTRAK
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PADA
SEKTOR PROPERTI PERIODE 2002-2006


Harga saham merupakan motivator dalam suatu proses investasi, maka pengukuran harga merupakan cara yang sering digunakan oleh investor dalam membandingkan berbagai alternatif investasi, sehingga memungkinkan investor untuk mengetahui keberhasilannya dalam melakukan suatu investasi. Harga saham saham dapat diukur melalui struktur modal, profitabilitas dan rasio pasar.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui struktur modal, profitabilitas dan rasio pasar yang mempengaruhi harga saham di sektor properti. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling method. Dari tiga puluh tujuh perusahaan, hanya dua puluh delapan perusahaan yang masuk pada sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan struktur modal yang diukur dengan DER memberikan pengaruh sebesar 15,21% tidak berpengaruh secara signifikan, profitabilitas yang diukur dengan ROA berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dan memberikan pengaruh sebesar 28,30% dan rasio pasar yang diukur dengan BVS berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan memberikan pengaruh sebesar 25,50%. Secara simultan struktur modal, profitabilitas dan rasio pasar berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham sektor properti. Hasil regresi penelitian menunjukkan bahwa besarnya koefisien adjusted R2 dari model regresi dapat menjelaskan variasi tingkat pengembalian saham sebesar 43,8 %, dan memberikan pengaruh sebesar 50%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar