Powered By Blogger

Pengikut

Kamis, 17 Desember 2009

Skripsi Manajemen: PENGARUH EARNING PER SHARE DAN MARKET TO BOOK RATIO TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN

Christina Pancawati, Universitas Widyatama, 2008
ABSTRAK

Perkembangan pasar modal di Indonesian semakin pesat sehingga banyak investor mengikutsertakan modalnya untuk diinvestasikan pada suatu perusahaan dengan harapan mendapatkan return saham yang memuaskan. Keputusan investasi oleh investor ditentukan oleh pengharapan masa yang akan datang. Namun demikian masa yang akan datang penuh dengan kondisi ketidakpastian, sehingga investor memerlukan informasi agar investasi yang mereka tanamkan tepat. Informasi tersebut tercermin dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Salah satunya adalah dengan melihat tingkat profitabilitas suatu perusahaan yang diukur dengan Earning Per Share dan rasio penilaian pasar yang diukur dengan Market To Book Ratio.
Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian, yang kemudian hasilnya dituangkan dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Earning Per Share dan Market To Book Ratio terhadap Return Saham perusahan pada Sektor Pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2007”. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisis kondisi Earning Per Share, kondisi Market To Book Ratio, kondisi Return Saham, dan pengaruh Earning Per Share dan Market To Book Ratio secara parsial maupun simultan terhadap Return Saham perusahan pada Sektor Pertambangan yang go public di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2007.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Metode deskriptif bertujuan untuk melakukan pengujian gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan. Sedangkan metode verifikatif bertujuan untuk melakukan perkiraan dan pengujian hipotesis. Alat statistik yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data yang diteliti adalah analisis regresi, korelasi dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t untuk pengujian secara parsial dan uji F untuk pengujian secara simultan, dengan menggunakan program SPSS 12.0.
Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil analisis statistik secara parsial untuk Earning Per Share diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 15,8%, sedangkan sisanya sebesar 84,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% (α = 0,05) hasil uji t untuk X1 terhadap Y diperoleh thitung (2,706) > ttabel(interpolasi) (2,0252), artinya H0 ditolak. Maka Earning Per Share berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham. Sedangkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh untuk Market To Book Ratio sebesar 5%, sedangkan sisanya sebesar 95% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% (α = 0,05) hasil uji t untuk X2 terhadap Y diperoleh thitung (1,438) < ttabel(interpolasi) (2,0252), artinya H0 diterima. Maka Market To Book Ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham. Untuk hasil analisis statistik secara simultan diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 20,9%, sedangkan sisanya sebesar 79,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% (α = 0.05) hasil uji F, didapat bahwa besarnya Earning Per Share (X1) dan Market To Book Ratio (X2) terhadap Return Saham (Y) berpengaruh secara signifikan, karena nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5,071 > 3,25, artinya Fhitung berada di daerah penolakan Ho yang menunjukkan bahwa Earning Per Share (X1) dan Market To Book Ratio (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar