Powered By Blogger

Pengikut

Sabtu, 02 Januari 2010

Skripsi Akuntansi: PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI

ABSTRAK

Rocky Pratama Ardiwinata, Universitas WIdyatama, 2007

Dengan semakin berkembangnya dunia usaha dewasa ini, maka persaingan antar perusahaan, khususnya antar perusahaan yang sejenis akan semakin ketat. Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan perusahaan adalah aspek pengaturan keuangan yang tertuang di dalam pengelolaan modal kerja. Pengelolaan modal kerja ini berkaitan erat dengan kelancaran kegiatan perusahaan dan salah satunya dapat ditunjukkan dari perputarannya. Bila modal kerja dikelola secara tepat akan memungkinkan perusahaan beroperasi secara ekonomis sehingga diharapkan perusahaan dapat mencapai perputaran mdal kerja yang tinggi dan laba yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh modal kerja terhadap rentabilitas ekonomi perusahaan. Objek penelitian ini adalah neraca dan laporan laba rugi pada tiga perusahaan tambang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Variabel yang diteliti adalah modal kerja sebagai variabel bebas dan rentabilitas ekonomi sebagai variabel tidak bebas/ terikat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja pada perusahaan tambang yang diteliti dikatakan baik karena memiliki net working capital di atas 100%. Namun berbeda dengan PT. Bumi Resources Tbk yang memiliki net working capital dibawah 100%. Artinya perusahaan tersebut belum mampu menjamin utang lancarnya. Sedangkan rentabilitas ekonomi dari perusahaan-perusahaan yang diteliti menunjukkan bahwa perusahaan masih tidak dapat menjaga kinerjanya melalui pengukuran laba. Hal ini disebabkan adanya penggunaan aktiva yang berlebihan dalam operasi perusahaan sehingga perputaran modal kerja mengalami penurunan. Selain itu adanya inefisiensi dalam produksi, pemasaran, dan beban operasi. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa modal kerja berpengaruh secara signifikan terhadap rentabilitas ekonomi, yaitu sebesar 62,41% dan sisanya 37,59% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Misalnya adanya perubahan kondisi perekonomian makro seperti merosotnya nilai tukar rupiah, situasi global mengenai fluktuasi harga komoditas barang, dan juga perkembangan politik nasional.

Skripsi Manajemen: Pengaruh Kemasan Produk terhadap Citra Merek pada Produk The Body Shop

ABSTRAK

Rizal Mokhamad Mukhlis, Universitas Padjadjaran, 2008

Kemasan merupakan elemen yang menjadi kesatuan dari sebuah produk, kehadiranya takan pernah dapat terpisahkan dari produk itu sendiri. Kini perusahaan tak hanya memerhatikan fungsi dasar kemasan yaitu melindungi produk yang dikemas dari kerusakan. Fungsi kemasan sebagai media komunikasi semakin diperhatikan oleh perusahaan, selain mengin formasikan tentang produk yang dikemas peranan kemasan sebagai media komunikasi juga berkontribusi pada usaha penyampaian nilai dan prinsip perusahaan yang diharapkan menjadi citra merek yang diyakini konsumen. Selanjutnya diharapkkan citra merek tersebut menjadi diferensiasi bagi perusahaan dalam persaingan usaha.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemasan produk, khususnya dalam penelitian ini adalah kemasan belanja The Body Shop terhadap citra merek The Body Shop. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas kemasan dan variabel terikat citra merek. Pengumpulan data primer diperoleh dari kuesioner pada pengunjung counter The Body Shop cabang Parisj Van Java sebagai responden yang dipilih sebagai unit penelitian. Responden diminta untuk memberi tanggapan melalui kuesioner yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang meminta tanggapan mengenai kemasan belanaja The Body Shop dan beberapa pertanyaan yang meminta tanggapan mengenai citra merek The Body Shop. Kuesioner terdiri atas pertanyaan tertutup dengan skala Likert, selanjutnya hasil dari pertanyaan – pertanyaan yang dijawab responden ditransformasikan ke skala interval dengan menggunakan Method of Succesive Interval. Untuk menguji apakah terdapat pengaruh antarlakukan a kemasan dan citra merek, dilakukan uji korelasi Pearson dan analisis regresi sederhana.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa kemasan produk The Body Shop memberi pengaruh yang relatif kecil pada citra merek The Body shop yaitu sebesar 14,1 % dan 85,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.